Kamis, 10 Mei 2012

Joran Magelangan Mancingmania Magelang

          Magelang adalah kota kecil di sebelah utara kota jogja.Meskipun tergolong kota sedang,namun komunitas mancing magelang sangatlah padat.Dari anak-anak,dewasa,pria,wanita,bahkan waria.Hampir 85% penduduk magelang gemar memancing.Dilihat dari prosentase jumlah penduduk,lebih padat para pemancingnya dibanding jogja.Dari kalangan atas sampai terbawahpun suka memancing,baik itu galatama,harian,borongan,dsb.
          Joran yang digunakan adalah dari bahan graphite dan carbon ,sedangkan gagangnya dari bambu cendani .Joran ala Magelang berbeda dengan model Yogyaan.Joran magelangan dirancang agar mudah dibawa,bisa dipisah graphit dan gagangnya.Unik bukan? dengan variasi lilitan yang tidak berkesan"jreng",namun berkesan elegan.
          Gagang bambu cendaninya pun banyak kategorinya,harga bervariasi.Dari harga Rp 5000,bahkan ratusan ribu, tergantung bentuknya,biasa sampai yg istimewa.Ciri khas bambu magelangan berwarna coklat muda agak kekuningan.karena prosesnya tanpa direndam atau ditarang.hanya dioles minyak goreng dan di embunkan.Berbeda dengan proses ala jogja.sehingga berwarna coklat gading cerah.
          
Salam penulis, Potrofishy
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar